Nanoteknologi dan Pengaruhnya pada Komputer Modern

nanoteknologi

Artikel ini adalah artikel yang dibuat sebagai ulasan dari jurnal internasional yang berjudul Nanotechnology and Its Impact on Modern Computer untuk melengkapi salahsatu tugas yang diberikan oleh dosen matakuliah Pengantar Komputasi Modern .

Perkembangan dunia komputer yang semakin maju dan semakin banyaknya pengguna telah memaksa peneliti untuk meningkatkan komputer modern dengan versi yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih dapat diandalkan untuk membantu manusia mengerjakan tugas-tugas keseariannya. Tujuan ini bisa dipenuhi oleh nanoteknologi. Menggunakan nano teknologi kita dapat merancang dan membuat komponen alat menjadi lebih kecil, cepat dan lebih berguna. Menurut M.C.Roco, generasi ketiga dan keempat nanoteknologi akan sangat berguna untuk penelitian dalam ilmu komputer. Sekarang, mari kita cari tahu apa itu nano teknologi.

F Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom berkisar antara 62 pikometer (atom Helium) sampai 520 pikometer (atom Cesium), sedangkan kombinasi dari beberapa atom membentuk molekul dengan kisaran ukuran nano. Deskripsi awal dari nanoteknologi mengacu pada tujuan penggunaan teknologi untuk memanipulasi atom dan molekul untuk membuat produk berskala makro.

Orang yang berjasa dibalik adanya nanoteknologi ini adalah K. Eric Drexier yaitu orang yang menemukan sekaligus mempopulerkan nanoteknologi pada tahun 1980.

Generasi pada Nanoteknologi


Nanoteknologi memiliki 4 generasi yang ada sampai sekarang yaitu :
  1. Generasi Pertama

    Generasi kedua, sudah meningkat pada teknologi asembling dari partikel nano, misalnya teknologi nano dalam pembuatan layar monitor sehingga layar monitor menjadi terang, teknologi nano dalam pembuatan chip komputer, atau memori handphone.

  2. Generasi Kedua

    Generasi kedua, sudah meningkat pada teknologi asembling dari partikel nano, misalnya teknologi nano dalam pembuatan layar monitor sehingga layar monitor menjadi terang, teknologi nano dalam pembuatan chip komputer, atau memori handphone.

  3. Generasi Ketiga

    Generasi ketiga disebut dengan system of nanosystem. Contohnya adalah robotik dengan menggunakan perakitan 3D

  4. Generasi Keempat

    Generasi keempat disebut denga nanosystem molekular. Contohnya adalah atomic design. Generasi keempat berkaitan dengan pengembangan nano komputer

Contoh dari nanoteknologi dalam  berbagai bidang

  • Kedokteran (diagnosa,pengiriman obat)
  • Cryonics (pembekuan tubuh)
  • Energy (Pengurangan konsumsi energi, meningkatkan efisiensi produksi energi, membersihkan bekas kecelakaan nuklir dan penyimpanan limbah)
  • Information and communication ( memory penyimpanan dan quantum komputer)
  • Industri besar ( aerospace, katalisis dan konstruksi)
  • Barang sehari-hari ( nanofoods, optik, tekstil, kosmetik, pertanian dan olahraga)

Teknik,alat,teori dan material yang mempengaruhi nanoteknologi

  • Nanofabrikasi
Nanofabrikasi adalah bidang yang membahas berbagai ilmudan teknik untuk membuat macam-macam struktur berskala nano. Ada 2 teknik yang ada dalam nanofabrikasi, yang pertama top down dan yang kedua bottom up
Contoh dari top down adalah optical, x-ray,EUV, Ebeam, SPM,imprinting dll.
Contoh dari bottom up adalah self-assembly, langmuir-blodgett dll.

  • Quantum Dot
Quantum dot adalah perangkat kecil yang mengandung  setetes kecil elektorn bebasl yang memiliki ukuran mendekati satu nanometer dan memiliki penampilan seperti sifat-sifat semikonduktor. Semikonduktor adalah bahan padat yang memiliki beberapa konduktivitas listrik. Silikon merupakan salah satu bahan yang paling populer digunakan dalam membuat quantum dot.

  • Carbon NanoTube/Tabung Karbon Nano (CNTs) 
adalah komposisi senyawa karbon yang berbentuk tabung berukuran nano. Dibentuk dengan rasio perbandingan panjang:lebar ialah 132.000.000:1, lebih besar dibanding material lainnya. Molekul Silinder karbon ini memiliki sifat yang tidak biasa dan sangat bermanfaat dibidang nanoteknologi, elektronik, optik dan berbagai bidang ilmu dan teknologi material. Karena mereka memiliki konduktifitas termal aupun sifat mekanis dan listrik yang dimiliki, karbon nanotube dapat diaplikasikan untuk berbagai macam bahan struktur.

  • NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory
merupakan sebuah jenis memori handphone dengan akses acak (RAM) yang umumnya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware, seperti BIOS, EFI atau firmware-firmware lainnya pada perangkat embedded, semacam router. Umumnya, NVRAM dibuat dengan teknologi manufaktur CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) sehingga daya yang dibutuhkannya juga kecil. Untuk menghidupinya agar data yang disimpan tidak hilang, NVRAM menggunakan sebuah baterai Litium dengan nomor seri CR-2032.
Data yang tersimpan pada NVRAM tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan (bersifat permanen), hal ini berbeda dengan Voletile RAM.

KESIMPULAN
Tulisan ini dimaksudkan untuk menggambarkan peran nanoteknologi dalam pengembangan komputer pada zaman sekarang, mengingat semakin majunya zaman maka akan semakin kompleks juga kegiatan manusia yang menyebabkan kebutuhan alat/komputer akan semakin tinggi. Untuk memenuhinya tentu dibutuhkan komputer yang canggih dan simple (kecil). Nanoteknologi menjadikan komputer semakin kecil dengan performa yang semakin mumpuni.

Sumber Jurnal : disini
Sumber Lain    : disini
SHARE

0 komentar:

Posting Komentar