Cloud Computing dan Aplikasi berbasis Cloud

Cloud Computing, apa yang terfikirkan dalam benak anda ketika mendengar istilah ini? Saya sendiri membayangkan penyimpanan data di awan * awan sebenarnya yang ada di langit * padahal jika kita caritahu lebih dalam ternyata pemahaman seperti itu 100% salah. Maka dari itu kita bahas tentang apa itu cloud computing? dan apa saja aplikasi yang sudah memakai cloud computing.Cloud Computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.Berikut ini adalah beberapa aplikasi berbasis cloud computing.
  1. Office 365
aplikasi ini adalah aplikasi terbaru yang dibuat microsoft dan bertujuan untuk melayani dan mempermudah bisnis online. Office 365 mempunyai 4 fitur utama yaitu Office Professional Plus, Exchange Online, SharePoint Online dan Lync Online yang pastinya fitur-fitur tersebut bisa diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja yang mempunyai aksesnya. Office 365 ini memudahkan kita terhubung dengan tekan kerja. Fungsi dari fitur-fitur nya pun akan saya bahas
  • Office Prifessional plus mempunyai fungsi yang sama dengan microsoft office pada desktop, perbedaannya office ini menggunakan teknologi cloud computing.
  • Exchange online berguna untuk mengatur jadwal.
  • SharePoint Online berfungsi untuk mengelola dokumen atau membuat web dintranet untuk perusahaan.
  • Lync Online berfungsi untuk pesan instan, panggilan audio dan video.
  1. Dropbox

Aplikasi ini adalah aplikasi penyimpanan data online yang memungkinkan anda menyimpan file file dengan penyimpanan up to 100 GB, karena sudah memakai teknologi cloud computing, file yang disimpan pada dropbox bisa di akses kapan dan dimanasaja asalkan kita mempunyai koneksi internet. Dengan adanya penyimpanan berbasis cloud berarti kita tidak perlu lagi menyimpan data pada hardisk fisik yang kita miliki.
  1. Windows Azure

Windows Azure bisa digunakan untuk membuat, mengembangkan dan menjalankan aplikasi web yang berjalan di datacenter milik microsoft. Contoh kegiatan yang bisa kita lakukan adalah:
  • Virtual Machine
  • Mobile Service
  • Cloud Service
  • Data Services
  • Network Service

nah itulah penjelasan tentang cloud computing yang saya tau dan penjelasan tentang beberapa aplikasi yang sudah menggunakan teknologi cloud computing ini. Semoga artikel ini bermanfaat.
SHARE

0 komentar:

Posting Komentar