Kecanduan Smartphone (Nomophobia) dan Cara Mengatasinya

Kecanduan Smartphone (Nomophobia) dan Cara Mengatasinya

Ponsel pintar atau smartphone saat ini sudah banyak manfaatnya seperti komunikasi jarak jauh, memesan kendaraan, memesan makanan dan menjadikan pekerjaan menjadi semakin mudah. Memang untuk itulah smartphone diciptakan, untuk membuat pekerjaan semakin mudah. Tetapi kemudahan yang didapatkan malah membuat orang semakin malas untuk bekerja atau bahkan untuk hanya bersosialisasi dengan lingkungan sekitar di dunia nyata.

Sebagai pegguna smartphone apakah anda sering merasakan hal-hal seperti dibawah ini?
  1. Selalu ingin dekat dengan gadget atau smartphone anda.
  2. Tidak merasa tenang ketika tidak membawa hp pada saat ber aktivitas.
  3. Merasa panik ketika batrai hp habis atau pada saat tidak ada sinyal.
  4. Kurangnya sosialisasi berhadapan secara langsung karena cenderung anda lebih senang dengan smartphone anda dan hanya ingin bersosialisasi via jejaring social media saja.

Hati-hati itu adalah ciri-ciri nomophobia lho!
Banyak yang belum tahu apa itu nomophobia, disini saya akan menjelaskan pengertian nomophobia.

No Mobilephone Phobia atau yang biasa disebut Nomophobia adalah suatu sindrom ketakutan jika tidak mempunyai telepon genggam (atau akses ke telepon genggam).  Istilah ini pertama kali muncul dalam suatu penelitian tahun 2010 di Britania Raya oleh YouGov yang meneliti tentang kegelisahan yang dialami di antara 2.163 pengguna telepon genggam. Studi tersebut menemukan bahwa 58% pria dan 47% wanita pengguna telepon genggam yang disurvei cenderung merasa tidak nyaman ketika mereka "kehilangan telepon genggam, kehabisan baterai atau pulsa, atau berada di luar jaringan", dan 9% selebihnya merasa stres ketika telepon genggam mereka mati.

Apakah anda salahsatu orang yang mengidap nomophobia? Mulai sekarang berusahalah untuk tidak bergantung pada smartphone. Saya akan membahas cara mengatasi nomophobia juga.

Cara mengatasi nomophobia

  1. Jauhkan handphone
    cara pertama untuk mengatasi nomophobia atau kecanduan terhadap handphone ini adalah anda berusaha menjauhkan handphone dari jangkauan anda, memang akan terasa sangat tidak nyaman pada awalnya. Tidak hanya menjauhkkannya, matikan paket data (internet) yang anda pakai, ini bertujuan untuk mencegah notifikasi sampah yang sering muncul pada hp anda dengan begitu hanya notifikasi panggilan telepon dan sms saja yang masuk ke hp anda.
  2. Atur jadwal menggunakan handphone
    Jika anda sudah melakukan langkah pertama, maka andda disarankan melakukan langkah kedua yaitu dengan cara mengatur jadwal menggunakan handphone. Mulailah dengan bertahap, misalkan cek handphone setiap 1-2 jam sekali dengan durasi menggunakannya 30 menit, lalu pindah ke tahap selanjutnya untuk mengecek 3-4 jam sekali dan seterusnya sampai terbiasa.

  3. Jangan memegang hp sebelum dan setelah tidur
    percaya atau tidak, cara ini ampuh untuk menghilangkan ketergantungan terhadap hp, misalkan anda mematikan hp pada jam 8 maka tidak akan ada yang menggnggu anda untuk tidur tepat waktu. Begitupun setelah bangun tidur, aktifitas positif di pagi hari adalah hal yang penting, menurut penelitian jika anda melakukan aktifitas positif di awal hari anda, itu akan memberikan efek positif selama seharian. Tidak percaya? Silahkan coba sendiri.
  4. No cellphone holiday
    Sesekali lakukanlah no cellphon holiday atau holiday tanpa hp, aktifitas ini cukup membantu karena anda akan lebih terbiasa tanpa hp. Contohnya adalah hiking atau mendaki gunung, tidak ada sinyal di gunung maka dari itu anda tidak akan mengecek hp selama 2-3 hari di gunung. untuk tips nya sillahkan di cek pada halaman tips hemat mendaki gunung semeru
  5. Atur notifikasi
    Notifikasi! Iya, hal ini yang sering kali mengganggu anda dan membuat anda sering mengecek hp padahal notifikasi nya tidak terlalu penting untuk kehidupan anda. Maka aturlah notifikasi aplikasi pada hp, tampilkan hanya notifikasi penting saja.
  6. Uninstall aplikasi
    Dan sampai ke tingkat yang paling extreme untuk cara mengatasi nomophobia yaitu uninstall aplikasi. Jika kira-kira aplikasi itu tidak penting dan hanya membuang-buang waktu anda, cobalah untuk menguninstall aplikasinya. Seringkali berat untuk melakukan cara ini, seperti ketika kita sudah kecanduan game atau sosial media yang hanya membuang-buag waktu, anda harus merelakan semua itu, tidak peduli seberapa bagus karakter yang telah anda dapatkan dalam game atau seberapa banyak like yang ada dapatkan tiap harinya dari sosial media, anda hanya harus merelakan itu.

SHARE

0 komentar:

Posting Komentar