5 Trik Sederhana ini Dapat Meningkatkan Konsentrasi dan Menjaga Fokus

Ditengah kesibukan yang padat bersamaan dengan faktor-faktor yang mengganggu seperti suara bising, masalah keluarga, ataupun kondisi tubuh yang sedang tidak fit tidak jarang konsentrasi dan fokus teralihkan. Bukannya mengerjakan kegiatan penting, fokus terganggu karena masalah-masalah sepele tersebut. Pada artikel pertama di blog ini saya akan memberi beberapa tips kegiatan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga fokus. Berikut ulasannya:
  • Menggambar atau Sekedar Coret-coret

menggambar

Bagi kebanyakan orang, ini adalah kebiasaan buruk dan hanya buang-buang waktu. Tetapi penelitian mennjukan bahwa menggambar sebenarnya adalah alat berpikir, latihan menggambar akan bermanfaat untuk meningkatkan fokus. Terlebih lagi, hal ini dapat membuat anda menjadi lebih sadar, produktif dan kreatif.

Kegiatan menggambar membuat anda dapat mengigat lebih baik dari apa yang anda dengar dan lama-kelamaan akan membentuk pola fikir yang positif. Ketika anda tidak tahu harus mengerjakan apa, mulailah menggambar, tak masalah seberapa jelak gambar anda.

  • Membuat What to-do List dan Not to-do List

to do not to do

To do list adalah list apa yang harus dilakukan sedangkan not to do list adalah list kegiatan yang jangan dilakukan.
Cara membuat to do list yaitu fikirkan kegiatan penting atau kegiatan produktif yang akan anda lakukan pada hari itu, jangan lupa catat keterangan jam nya dan urutkan sesuai urutan pengerjaannya misal pada pagi hari anda melakukan kegiatan bersih-bersih, sesudahnya memasak, belajar/mengerjakan tugas atau bisa juga anda menulis kemana anda akan pergi liburan karena liburan adalah salah satu kegiatan yang dapat menyegarkan otak
Cara membuat  not to do list yaitu fikirkan kegiatan apa yang jangan dilakukan sama sekali atau kegiatan yang jangan terlalu sering dilakukan, not to do list ini tidak perlu urutan atau keterangan waktu karena kegiatan itu tidak akan dilakukan di hari itu saja. Contohnya adalah tidak menggunakan sosial media ketika sedang bekerja, tidak multitasking atau mengerjakan lebih dari 1 pekerjaan dalam satu waktu, tidak memikirkan pekerjaan yang akan anda lakukan nanti (tapi berfokus pada list berikutnya yang ada pada to do list anda).

  • Lakukan Hal yang Berbeda

joging

Saat anda bekerja tetapi tidak bisa fokus, lakukanlah hal yang berbeda, dalam artian lakukan aktifitas lain selain bekerja.
Tips ini memang agak membingungkan dan tidak masuk akal, tetapi anda tidak akan mengetahui sebelum anda mencobanya.
Setiap kali anda tidak bisa fokus bukannya malah bekerja keras untuk fokus, tapi lakukanlah kegiaan lain sejanak, seperti pergi keluar untuk berjalan-jalan, membalas chat sejenak, menelepon teman, membersihkan kamar, olahraga, bisa juga mendengarkan musik atau mendengarkan lantunan ayat Al-Quran untuk beberapa menit.
Setelah anda kembali pada pekerjaan anda, anda akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dan akan merasa segar karena anda berada dalam suasana hati yang lebih baik.

  • Mengunyah Permen Karet


permen karet

Mengunyah permen karet adalah kegiatan yang sederhana, tapi tahukah anda jika mengunyah permen karet akan membuat anda lebih konsentrasi?
Menurut sebuah studi di Universitas Cardiff, mengunyah permen karet akan membantu anda berkonsentrasi disaat anda melakukan pekerjaan yang panjang.
Jadi saat anda mengerjakan sesuatu yang membosankan atau terlalu lama, kunyahlah permen karet untuk menjaga fokus anda.

  • Meditasi

meditasi

Kata meditasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda, ternyata meditasi juga bisa di gunakan untuk menambah konsentrasi kita lho! Lakukan meditasi secara teratur maka atau lakukan sebelum anda beraktifitas maka konsentrasi anda akan terjaga. Bagi anda yang beragama Islam, sholat adalah salah satu bentuk meditasi yang baik.

Demikian 5 cara untuk meningkatkan  konsentrasi anda, praktikkan dan rasakan manfaatnya! Semoga artikelnya bermanfaat. Salam.




SHARE

1 komentar:

  1. Thx utk infonya..bermanfaat sekali..mampir yuk ke http://elementmtb.com/konsentrasi-lebih-meningkat-dengan-gowes/

    BalasHapus