Estimasi Biaya dan Tips&Tirk Pendakian Gunung Semeru 2017

mahameru

Artikel ini sudah di update Estimasi Biaya Pendakian Semeru April 2018 pada blog travel kami di Link ini jadi monggo di visit dulu. Oiya, akhirnya setelah sekian lama, artikel Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru telah di publish, ayo segera cek link nya.

Semeru, ya semeru! Gunung yang hits setelah adaya film *nganu* yang menceritakan pendakian berlatar gunung ini. Dari setiap kejadian pasti ada plus minus nya, plus nya dari film ini, ekonomi masyarakat terangkat karena banyak pendaki yang datang ke sini, minusnya sudah bisa tertebak, dimana ada orang ya ada yang namanya sampah hehe tapi ambil plusnya aja yah, minusnya gausah di ikutin.

Mungkin sebagian kecil pembaca disini ada yang mau mendaki semeru di tahun 2017? atau bagi pendaki pemula yang belum tahu biaya mendaki gunung semeru. Tenang, biaya pendakian gunung semeru ga bakal beda jauh sama artikel ini yang di buat bulan september 2016. Tanpa perlu berbasa-basi mari kita ulas estimasi biaya yang harus diketahui jika anda mau mendaki gunung semeru.

Saya berngkat dari jakarta sama 2 teman saya, jadi jumlah kita cuma 3 orang. Brangkat tanggal 31 agustus 2016 memakai kereta ekonomi matarmaja dari statsiun pasar senen jam 15:15 dan tiba di tujuan pada tanggal 1 sept 2016 sekitar jam 9:00 dengan harga tiket Rp 109.000. Jika anda berangkat dari tempat lain silahkan skip step di atas. Setelah tiba di statsiun malang kota baru, di luar gerbang pasti banyak angkot yang udah siap buat ngajak ke tumpang. TIPS dari saya, kalo bisa cari barengan biar bayar angkot makin murah, maksimal penumpang angkot statsiun ml-tumpang itu 8 orang (kayanya bisa lebih). Kemaren saya ga dapet barengan gara” yang mau bareng sama saya udah pas 8 orang jadi saya terpaksa berangkat di angkot cuma 3 orang dan pastinya ongkos per orang juga makin gede sekitar 30.000 per orang. Di sana asal bisa nawar, pertama abangnya nawarin 150 rb 1 angkot,akhirnya saya tawar tuh turun turun dan dapet 90.000 1 angkot. 

Tiba di tumpang, langsung ke basecamp buat ngambil formulir pendakian, disana udah komplit sama fotocopy, belanja logistik, sewa kekurangan alat dll. Dikarenakan saya kurang 1 tas dan nesting, saya sewa disini dan harganya murah, untuk 1 tas carrier berukuran 50 atau 60 L + cover diberi harga Rp 15.000 per hari, sedangkan untuk nesting dihargai Rp 7.500 per hari, harga bisa ditawar soalnya abang penyewaannya juga ramah banget. Sesudah siap-siap dan beli logistik di tumpang, sudah ada abang-abang mobil jeep yang ngetem di situ, pasti di tawarin buat ke ranu pani. Ada 2 opsi buat naek jeep ini yaitu:
1.     Berangkat bareng rombongan lain biar bayar lebih murah (max 12 orang) tapi harus menunggu sampai mobil penuh 
2.     Opsi kedua langsung berangkat seadanya penumpang cuma bayarnya ya pasti lebih mahal kalau orangnya sedikit. 
Disini saya ambil opsi 1 dan dapet barengan jadi 10 orang. Ongkos dari tumpang ke ranu pani Rp 650.000 per jeep (kena ongkos calo) dan itu gabisa ditawar. Ada dua TIPS dari saya untuk menekan budget disini.
1.     TIPS yang pertama yaitu dengan @ojekgunung (instagram) Ojekgunung ini bisa dikontak kalau memang anda dan rombongan ingin lebih murah ongkosnya, coba cek instagramnya dan hubungi kontaknya, bisa jemput di statsiun atau dimana aja terserah, ongkos nego dan yang pasti lebih murah. 
2.     TIPS yang kedua untuk mensiasati jeep yang mahal karena terkena ongkos calo yaitu dengan kontak abang jeep nya langsung, prinsipnya sama kaya ojekgunung, jemput dimana aja dan harga nego tapi ini digunakan kalau anda bawa pasukan banyak! Bisa langsung klik LINK INI untuk lebih jelasnya. 
Jika anda ingin pakai 2 alternatif di atas diusahakan hubungi dari jauh-jauh hari karena ditakutkan yang bersangkutan udah order yang lain.

Tumpang – Ranu Pani udah, tiba disana langsung turun ke ruangan bawah buat briefing dan periksa formulir dan surat sehat. Bagi agan & sista yang mau muncak di wajibkan pake sepatu NO SANDAL karena track yang dilalui (kalo kata rhoma irama) sungguh terlalu! Sesudah briefing dan cap formulir sekarang saatnya daftar dan bayar biaya masuk & menginap di TNBTS! Tiket untuk weekday adalah Rp 17.500 per hari dan untuk weekend Rp 22.500 per hari. Jadi karena saya judulnya kemping ceria, saya beli tiket untuk 4 hari kamis-minggu total untuk 3 orang adalah Rp 240.000. 

Di semeru itu ga lengkap kalo nanjak tapi ga beli semangka & gorengan yang dicelup sambel petis. Semangkanya itu loh yang bikin seger, setiap semangka dan gorengan dijual dengan harga 2500 dan pada setiap pos yang dilalui pasti ada yang jualan. Biaya jajan di perjalanan masuk ke dalam biaya tak terduga, saya sampe ketagihan sama gorengannya jadi duit bolong di jajan hehe. 

Setelah turun dari semeru saatnya perjalanan pulang. Sampai di ranu pani sudah banyak abang jeep yang menunggu dan menawari transportasi ranu pani – tumpang maupun ranu pani – statsiun. Saya kemarin naik jeep dari ranu pani – tumpang karena tidak berencana untuk langsung pulang ke jakarta, harganya Rp 50.000 per orang, dan penumpang nya Cuma 6 orang jadi abangnya Cuma nerima Rp 300.000 dari 1 rombongan, murah yah? Iya karena tidak terkena biaya calo yang menaikan harga selangit hehe.

Saya menaiki kereta yang sama untuk pulang ke jakarta, jadi harga statsiun malang kota baru – statsiun senen itu sama Rp 109.000 per orang. Oiya perjalanan jkt-malang ataupun sebaliknya menggunakan kereta ini ditempuh dngan waktu 16-17 jam jadi siapkan perbekalan supaya tidak lapar di kereta, sebenarnya di kereta juga ada yang jual makan tapi harga 1 kali makan sekitar Rb 30.000, ya lumayan kalo dibeliin makan di luar statsiun bisa untuk makan 3 orang.
Rincian biaya nya saya tulis dibawah ini. 

No
Nama biaya
Biaya
Total perkalian
Total Biaya
1
Tiket kereta jkt-ml & ml-jkt
Rp 109.000
6
Rp 654.000
2
Tiket masuk TNBTS weekday
Rp 17.500
6
Rp 105.000
3
Tiket masuk TNBTS weekend
Rp 22.500
6
Rp 135.000
4
Akomodasi statsiun malang-tumpang dan sebaliknya
Rp 30.000
6
Rp 180.000
5
Akomodasi jeep Tumpang-Ranu Pani
Rp 65.000
3
Rp 195.000
6
Akomodasi jeep Ranu Pani - Tumpang
Rp 50.000
3
Rp 150.000
7
Commuterline & angkot
Rp 6000
6
Rp 36.000
8
Logistik (makanan & gas)


Rp 200.000
9
Sewa perlengkapan


Rp 90.000
10
Surat Kesehatan
Rp 15.000
3
Rp 45.000
11
Biaya tak terduga (makan di perjalanan dll)


Rp 160.000
Jumlah
Rp 1.950.000


Ya jumlah untuk biaya pendakian gunung semeru adalah Rp 1.950.000 karena saya berangkat 3 orang maka per orang ditarik Rp 650.000 saja untuk perjalanan mendaki gunung semeru ini, kalo pake tips di atas ongkos pendakian bisa di teken lagi. BTW saya kemaren ga pake tips tips diatas soalnya saya baru tau saat saya ngobrol-ngobrol sama pendaki lain pas saya nanjak.


Syarat Mendaki Gunung Semeru


Saya juga akan menambahkan persyaratan apa saja yang harus di lengkapi jika ingin mendaki gunung semeru. Berikut adalah persyaratannya:

  • Fotocopy identitas diri yang masih berlaku (2 lembar)
  • Surat keterangan sehat dari rumah sakit / puskesmas
  • Mengisi biodata semua peserta
  • Mengisi formulir daftar barang bawaan setiap anggota tim
  • Membayar karcis masuk seperti yang telah di jelaskan di atas
  • Mengisi buku tamu (dilakukan di basecamp)

Sekali lagi saya ingatkan, monggo visit blog travel kami pada link berikut ini. Disini saya juga sudah mengupdate artikel estimasi biaya pendakian gunung semeru terbaru april 2018.

Sekian tulisan ini saya buat, semoga berguna bagi para pendaki yang punya budget minim seperti saya ini dan untuk meminimalisir keterlambatan waktu dalam pendakian, silahkan cek artikel Estimasi Waktu Pendakian Gunung Semeru pada link berikut ini. Jika ada yang mau bertanya atau memberi tips yang lain silahkan tuliskan pada kolom komentar. Bagi yang mau mendaki gunung merbabu dan mencari estimasi biaya nya silahkan mampir ke halaman yang berjudul Estimasi Biaya Pendakian Gunung Merbabu 2017 Via Suwanting. Jika kalian ingin membaca lebih banyak tentang pendakian gunung dan cerita petualangan yang lain, silahkan mampir di blog travel kami ( Footravelers
SHARE

94 komentar:

  1. men yeu yuldi eta menuna salah men ulah campur jeng kuliner mun rek sosial sosial doang ameh google percaya solanya ulah ngalanggar tos

    BalasHapus
  2. oke kin siyap, ku urang diganti ngke, neangan heula rek diganti naon

    BalasHapus
  3. Musti booking online dlu ngga sih..maksihh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gausah gan tahun ini udah ngga berlaku, langsung dateng ke tempat aja

      Hapus
  4. Serius, mau tanya dong ane pemula nih untuk naik gunung.
    Persiapan apa aja yg harus di bawa secara pribadi biar irit

    BalasHapus
  5. Hatur nuhun bro, semoga bermanfaat, tapi tiket kereta nya beda ning setelah saya survei via online

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil tiket ps.senen-kota malang kang, paling bedanya juga gajauh sih, jangan liat sekarng soalnya mau lebaran tiket pada naek hehe

      Hapus
  6. Udah ga pake booking online ya? Trus pendaftarannya d ranupani apa di tumpangnya mas?

    BalasHapus
  7. Utk kuota pendakian berlaku ga gan? Sehari berapa maksimal kuota pendaki nya? Thx

    BalasHapus
  8. Terima kasih untuk infonya Gan. Sy jdi gak sabar pengen naik ke Semeru. Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama gan, jangan lupa bawa turun sampannya

      Hapus
  9. Ada yg pnya rencana summit semeru gak tanggal 21atau 22 juli 2017 ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo di hubungi yang mau nanjak bareng

      Hapus
    2. Rencana sya naik tgl 21 gan

      Hapus
    3. Saya juga mau nanjak tanggal 22 bang. Kontak ane sms / WA 085735615304

      Hapus
    4. Ane berangkat tgl 30 bang

      Hapus
    5. monggo kontak kontakan dulu

      Hapus
  10. Balasan
    1. Desember kalo gasalah masih buka gan. CMIIW

      Hapus
  11. Gan, itu per jeep nya bisa buat berapa orang ya?
    Sama akomodasinya per hari ya gan? Bukan sekali masuk?
    Makasih gan sebelumnya

    BalasHapus
  12. Untuk tiket kereta itu 109rb pp atau hanya sejalan aja gan ? Ane belum pernah naik kereta keluar kota soalnya 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejalan gan, mungkin sekarang sudah berubah harganya, monggo di cek di website kereta api indonesia langsung

      Hapus
  13. Gan..di psr tumpang ada pnyewaan alat ya.bisa mnta cp nya? Alatq kurang lngkap soalnya.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada gan, besok dicari dulu cp nya, kayanya masih ada ketumpuk nih bon bekas penyewaan alat.

      Hapus
    2. ini nomor hp penyewaan alat naik gungung yang ada di pasar tumpang gan 081555458343 bisa sms/telp

      Hapus
  14. Gan estimasi waktu S.Malang-Tumpang, Tumpang-Ranu pani dan Estimasi pendakian bisa di share gan? Makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok atau lusa saya update artikelnya gan, nanti saya kabari jika sudah di post

      Hapus
    2. monggo https://footravelers.blogspot.co.id/2018/03/Waktu-Pendakian-Semeru.html

      Hapus
  15. Hihihii harus nabung dulu yg banyak ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo, kalo udah kekumpul ajak" admin yak hehe

      Hapus
  16. Surat keterangan sehat bisa ngurus di ranu pani kang? nuhun kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. keterangan sehat diurus di rumasakit terdekat kang, bayar 15-25 rb

      Hapus
  17. Gan kalo berangkatnya sendiri terus sampe sana kira2 bisa dapet temen/team untuk mendaki gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya sih dapet gan soalnya semeru rame apalagi kamis-minggu atau cari barengan aja di IG biasanya banyak yang ngajak barengan

      Hapus
  18. Sangat memebatu ini,,
    tinggal kuy,,,he

    BalasHapus
  19. saya baru dijawa dan mau naik gunung bromo,ada yang mau nanjak akhir desember dan tahun baruan disana kontak saya wa:alim 085263215876,,,cari teman nanjak

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo di hubungi bang willy kalau ada yang punya rencana bareng akhir tahun

      Hapus
  20. ada yg mau bareng ga dri jkt tgl 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo dicantumkan kontak yang bisa dihubungi gan atau akun sosmed nya

      Hapus
  21. Surat sakitnya bisa dibawa dari rumah ga bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. surat keterangan sehat dibuat di rumahsakit di daerah masing" mas

      Hapus
  22. Cari barengan 5 orang naik jeep dr pasar tumpang tgl 24 agustus, ane 7 orang. Biar murah nyewa jeep nya. Ayo klo yg mau join cari yg murah, backpacker

    BalasHapus
    Balasan
    1. mionggo dituliskan no atau kontak yang bisa di hubungi nya disini mas

      Hapus
  23. Aku pemula mas, mau ke semeru tp ga ada barengan, mohon pencerahannya mas, matur suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cari barengan di sini, sudah beberapa orang cari barengaan di komen artikel ini, mungkin bisa hubungi mereka mas

      Hapus
  24. Serta alat pendakian yang wajib di bawa apa saja?

    BalasHapus
  25. mau naik tanggal 26 Sept 17 baru bertiga nih, yang mau gabung biar transport murah WA ya 082125400541

    BalasHapus
  26. Mas ada kontak untuk sewa jeepnya ga?

    BalasHapus
  27. Ada yg mao bareng tanggal 16 desember dari jakarta
    Saya cma 5orang
    Wa 087809071975

    BalasHapus
  28. ada yg mau mluncur tgl 30 desember 2017 dari bandung?saya baru 2 orang sedangkan daftar online minimal 3 orang klo ada yu join

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari bandung kira kira berapa budget nya ya?

      Hapus
    2. sama saja, tinggal ditambahkan ongkos kereta bandung - malang gan

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Haduh kudu nabung heula yeuh.ari hayang ngwujudkn impian beradad puncak mahameru mh😊😊

    BalasHapus
  31. Gan punten mau tanya, kira2 estimasi waktu yg di butuhkan berapa hari, berangkat dari jakarta, pendakian, dan sampai lg di jkrta?ancang2 buat ambil cuti

    BalasHapus
  32. Gan punten mau tanya, kira2 estimasi waktu yg di butuhkan berapa hari, berangkat dari jakarta, pendakian, dan sampai lg di jkrta?ancang2 buat ambil cuti

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6 sampai 7 hari bolak balik tergantung lama pendakian di semeru nya

      Hapus
  33. Insya Allah, tgl 8 Desember brgkt, ada yg mau brg.. dr jkt..

    BalasHapus
  34. kalau pakek motor (manual) ke ranupane boleh gak sih ? apa wajib harus sewa jeep ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pake motor, banyak kok yg kesana naek motor gan

      Hapus
  35. Mau tanya Gan, Estimasi Waktunya gimana setelah sampe Stasiun Malang?
    Btw Insya Allah 16 Januari ane mau naik, kali aja ada barengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 jam st malang-ranupani (mampir mampir dulu ke pasar) ,naik 3 hari 2 malem atau 4 hari 3 malem

      Hapus
  36. Gan...dari RAPAN ke RAKUM brp jam (jalan santai)

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling lama 4,5 jam gan, itu udah santai bgt

      Hapus
  37. yang mau join tgl 24 Des . monggo WA aja 085851927951

    BalasHapus
  38. sok ah yg mau naik di akhir januari atau februari ajak" bang
    WA: 089666131656
    IG: deni_kurnia189
    barangkali ada yg kekurangan personil :v

    BalasHapus
  39. FYI pendakian gunung semeru saat ini sedang ditutup terhitung mulai bulan januari 2018 sampai minimal 3 bulan, lama waktu penutupan bisa bertambah ataupun bisa berkurang tergantung kebijakan dari pihak TNBTS, terimakasih

    BalasHapus
  40. Mantap bro tipsnya, tadi gua juga coba cari tiket kereta matar*maja harganya 109.000, tapi dari malang ke jakarta 265.000, kalo kemaren agan bener 109.000 juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener gan segitu, ane pesen tiket bolak balik, coba cari alternatif lain dah kalo segitu kayanya kemahalan hehe

      Hapus
  41. rencana tanggal 18/19 april brangkat dri jakarta yg mau gabung bisa cp 085959255499

    BalasHapus
  42. Punya contack jeepnya ga min ? Biar bisa di boking dari jauh jauh hari sebelum pendakian hehe. Kalo bisa sih abang nya yang bisa miring harganya heheh . Makasih min

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di klik link yang ada diatas gan, disitu ada kok

      Hapus
  43. Kalau dari malang pulang ke bandung naik KA panataran ke blitar lanjut blitar ke bandung ke buru gk ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau gan kalo itu, coba liat estimasi waktunya

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Kak mau tanya, kalo dari tumpang ke ranu pani pakai kendaraan pribadi memungkinkan nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, mobil motor pun bisa, paling bayar parkir dan tiket masuk saja

      Hapus
  46. Estimasi Waktu pendakian gunung semeru sudah kami tulis, silahkan cek pada web kami https://footravelers.blogspot.co.id/2018/03/Waktu-Pendakian-Semeru.html

    BalasHapus
  47. bang kalau perjalanan ke gunung semeru .kita harus lewat berapa pos

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo bisa disimak di link ini http://footravelers.blogspot.co.id/2018/03/Waktu-Pendakian-Semeru.html

      Hapus
  48. Thanks for info min,, barang kali ada yang mau bareng dri jakarta , ane dikebun jeruk bru ada 6 orang ni, yang mau bareng info:081211152424

    BalasHapus
  49. terima kasih banyak gan atas infonya :) sangat bermanfaat

    BalasHapus